20130605

Belajar Menjadi Jurnalis



Menjadi seorang jurnalis pada dasarnya bertumpu pada nawaitu atau niat.
Jurnalis yang profesional ialah orang yang selalu ingin tahu akan banyak hal yang dianggapnya janggal  atau menjadi hal yang membuat seseorang bertanya-tanya akan hal tertentu.
Jurnalis yang berangkat dari jeleknya niat, maka berita atau informasi yang disampaikannya adalah hal yang ujung-ujungnya bertujuan untuk menjelekkan seseorang atau instansi tertentu, jurnalis yang memiliki niat serta sifat seperti ini biasanya didasari atas rasa kebencian ataupun rasa ingin balas dendam.
Berita atau informasi yang disampaikan oleh seorang jurnalis harus memiliki sumber data informasi yang jelas, berita akan menjadi dangkal informasi jika tidak memiliki atau kurangnya sumber data yang akan dipublikasikan. 
Dalam hal ini, pantauan jurnalis hanyalah sebagai penambah data informasi bukanlah sebagai sumber informasi yang dianggap paling utama. Informasi yang ingin disampaikan dalam bentuk berita diharuskan memiliki banyak sumber data ataupun bahan informasi sebagai acuan dasar serta pedoman dalam penyampaianya berita nantinya. Berita yang disampaikan tidaklah terpaku pada semua sumber data, namun yang akan disajikan hanyalah data yang paling dianggap penting untuk dipublikasikan dengan penyampaian sesingkat mungkin namun tentunya harus jelas, padat dan mudah untuk dipahami.

Tidak ada komentar: