20131012

Media Siber

Media atau Ruang siber yakni suatu ruang yang digunakan untuk melakukan aktivitas nan bersifat maya dengan bantuan jaringan internet, dalam ruang ini setiap orang dapat melakukan aktivitas seperti bertukar pikiran, saling memberi informasi, curhat, bermain, bercerita, berkreasi, dan sebagainya.

Persamaan Dan Perbedaan Ruang Siber Dengan Ruang Maya
Persamaan Ruang Siber Dengan Ruang Maya
Ruang siber dan ruang maya sama-sama merupakan wadah untuk beraktivitas secara tidak nyata, berinteransi dengan mudah serta berkomunikasi tanpa batas antara sesama pengguna internet.
Perbedaan Ruang Siber Dengan Ruang Maya
Ruang siber adalah ruang yang digunakan untuk berinteraksi secara tidak langsung dengan bantuan internet, sedangkan ruang maya merupakan aplikasi dari media internet agar dapat melakukan komunikasi dan interaksi.
Intinya ruang siber adalah media untuk berkomunikasi/ berinteraksi secara tidak langsung dan ruang maya adalah tempat melakukannya.

Melihat semakin berkembangnya teknologi dan informasi melalui internet, masa depan ruang siber yang tidak memiliki batasan, dikemudian hari tentunya akan semakin banyak digunakan oleh setiap orang untuk mempermudah semua bentuk aktivitas interaksi.

Aplikasi teknologi cyber di pemerintahan, berupa e-Goverment yang bermanfaat untuk meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak lain, pelayanan publik semakin lebih baik, meningkatkan daya saing bangsa, mewujudkan pemerintahan yang transparan dan sebagainya. Dengan mewujudkan berbagai situs resmi pemerintahan yang dapat diakses khalayak umum sebagai informasi dan media untuk menyampaikan pendapat dan berbagai kritikan.
Kelebihannya:
Masyarakat dapat mengakses dan mengetahui akan kebijakan-kebijakan pemerintah, adanya keterbukaan pihak pemerintah sehingga mampu menjawab dan menghindari kecurigaan/kekurang pahaman dari berbagai pihak.
Kekurangannya:
Sulit untuk menghindari adanya penyalahgunaan keterbukaan pemerintahan melalui teknologi siber dari para pengguna atau pengakses yang tidak bertanggung jawab.
Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.


Aplikasi teknologi cyber di bidang pendidikan, yakni seperti E-Learning. Ini sangat membantu mempermudah proses belajar mengajar antara murid dan guru sehinggan tidak harus perlu bertatap muka jika terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka.
Salah satu contoh aplikasi TIK dalam bidang Pendidikan lebih dikenal dengan e-education, dengan adanya TIK dibidang pendidikan maka membuka peluang Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh, sharing resource atau berbagi sumber daya antar lembaga pendidikan, perpustakaan online, CD-interaktif yang menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan, adanya kuliah online dan sebagainya.
Kelebihannya:
Materi yang akan diajarkan dan dipelajari bisa didapat dengan cepat, membantu perkembangan dan mempermudah proses serta sistem pendidikan.
Kekurangannya:
Penerapan teknologi siber di sekolah atau pada dunia pendidika masih mengenal adanya leterbatasan geografis, waktu dan sosial ekonomis.


E-commerce adalah electronic commerce. E-Commerce merupakan media untuk melakukan proses jual beli melalui internet atau yang sering disebut dengan jual beli online.
Contoh e-commerce seperti Business to Consumer, yaitu penjualan produk secara umum kepada semua pihak, sehingga disini siapapun bisa melakukan transaksi secara terbuka.
Kelebihannya:
Memberikan kemudahan sehingga semua orang dapat membeli dan menjual produk tanpa batasan waktu dan jarak dan dapat mengurangi biaya operasional.
Kekurangannya:
Tidak adanya pengawasan sehingga penyalahgunaan dan penjualan barang-barang ilegal kemungkinan akan terjadi.

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/08/e-commerse-definisi-jenis-tujuan.html

Tidak ada komentar: